PERAN YAYASAN BUSTANUL ULUM TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI KOTA LANGSA TAHUN 1961 - 2018

Sari Melati (2020), PERAN YAYASAN BUSTANUL ULUM TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI KOTA LANGSA TAHUN 1961 - 2018. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sebagai sebuah yayasan yang bergerak dibidang pendidikan Yayasan Bustanul Ulum memiliki kepedulian yang besar terhadap dunia pendidikan di Kota Langsa. Dari Tahun ke tahun perkembangan yayasan ini semakin menjadi perhatian masyarakat terbukti dengan banyaknya tingkatan pendidikan yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Bustanul Ulum saat ini.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya Yayasan Bustanul Ulum Langsa untuk mengetahui peran Yayasan Bustanul Ulum terhadap perkembangan pendidikan di Kota Langsa Tahun 1961-2018.


Jenis penelitian ini kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada objek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan historis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data editing, coding, classification, systematizing.


Hasil penelitian menunjukan bahwa Sejarah permulaan Pendidikan Yayasan Dayah Bustanul Ulum berlangsung dalam keadaan sangat sederhana. Sampai sekarang dari ke tahun yayasan ini berkembang dan semakin menjadi perhatian masyarakat, hal ini terbukti dengan banyaknya tingkatan pendidikan yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Bustanul Ulum saat ini. Dari tingkat pendidikan Madrasah (MUQ) dan Stikes Bustanul Ulum yang terdiri dari Program Studi D-3 Kebidanan (Terakreditasi BAN-PT), Program Studi S-1 Kesehatan Lingkungan (Terakreditasi BAN PT) dan Program Studi S-1 Administrasi Rumah Sakit (Terakreditasi BAN PT).Yayasan Dayah Bustanul Ulum Kota Langsa mempunyai peranan yang penting dalam pendidikan di Kota Langsa karena mencetak sumber daya manusia yang berkompeten baik pada tingkat madrasah penguruan Tinggi.


Diharapkan Yayasan Dayah Bustanul Ulum dapat meningkatkan Mutu Pendidikan dan sebagai motivasi baru dalam pengembangan pendidikan di Kota Langsa kedepannya.

Kata kunci : Yayasan, Bustanul Ulum dan Pendidikan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sari Melati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2020)
Tanggal disimpan : 05-11-2021 15:39
Terakhir diubah : 15-11-2021 11:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1896
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!