PENGGUNAAN METODE SILABA PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI SUNGAI LUENG KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurjannah (2021), PENGGUNAAN METODE SILABA PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI SUNGAI LUENG KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Permasalahan yang terdapat di kelas I SD Negeri Sungai Lueng dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi bagian-bagian tubuh yang terdapat di tema 1 pembelajaran 2. Pada keterampilan membaca permulaan masih banyak siswa yang kurang lancar dalam proses belajar membaca, sehingga ketika proses belajar berlangsung siswa banyak yang kebingungan dalam memahami materi yang diajarkan. Hal ini disebabkan karena siswa bisa mengucap huruf tetapi belum bisa membedakan huruf apa yang diucapkan.
Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca permulan antara sebelum dan sesudah menerapkan metode Silaba di kelas I SD Negeri Sungai Lueng dan untuk mengetahui penerapan penggunaan metode Silaba terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa di kelas I SD Negeri Sungai Lueng.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan jenis penelitian ini menggunakan jenis Pre-Eksperimental Design, bentuk penelitian yang digunakan adalah One Group- Pretest-Posttest-Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel dilakukan bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dimana populasi relative kecil atau kurang dari 30 orang.
Hasil perhitungan nilai thitung -3.651 dan nilai ttable dengan taraf signifikan 1% adalah 2,921 (thitung<ttabel) atau (-3,651 < 2,921) maka dengan hasil yang telah didapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Metode Silaba lebih baik digunakan untuk keterampilan membaca permulaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai pada sebelum (pretest) yakni 60,20 dan sesudah (posttest) yakni 81,2.
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan diatas, maka tindak lanjut penelitian ini disarankan beberapa hal sebagai berikut : Diharapkan kepada calon pendidik yang akan datang dapat menerapkan metode belajar yang menarik dalam proses belajar dan mengajar, Diharapkan kepada pembaca terutama kepada calon pendidik disekolah dasar agar menjadikan penelitian ini sebagai bahan masukkan dalam meningkatkan pendidikan dimasa yang akan datang.

Kata kunci : Metode Silaba, Keterampilan Membaca Permulaan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurjannah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 14-10-2021 16:02
Terakhir diubah : 18-11-2021 10:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1769
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!