Pencarian
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBASIS CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Khairunnisa Nasution (2021),
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBASIS CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model pembelajaran direct instruction berbasis cabri 3D berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi tabung dan bola. Metode pada penelitian ini pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini kelas IX MTs Swasta Dewantara, Sampelnya Kelas IX-I dan Kelas IX-II tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes akhir, tes akhir diberikan untuk menganalisis kemampuan representasi matematatis siswa setelah belajar menggunakan model pembelajaran direct instruction berbasis cabri 3D. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata kelas eksperimen (siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran direct instruction berbasis cabri 3D) adalah 80,69. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol (pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional) adalah 58,72. Hal ini terbukti bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis data menggunakan uji hipotesis dengan nilai thitung > ttabel atau 4,675 > 2,022 dengan taraf signifikan 5%.
Kata kunci : Model Pembelajaran Direct Instruction, Software Cabri 3D, Kemampuan Representasi MatematisFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Khairunnisa Nasution |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Matematika (2021) |
Tanggal disimpan | : 08-02-2021 16:12 |
Terakhir diubah | : 25-02-2021 15:53 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2021 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=930 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |