PENGARUH MEDIA SEMAI DAN JENIS ZPT GIBERELLIN TERHADAP VIABILITAS BENIH KAKAO ( THEOBROMA CACAO, L )

Salbiah usman (2017), PENGARUH MEDIA SEMAI DAN JENIS ZPT GIBERELLIN TERHADAP VIABILITAS BENIH KAKAO ( THEOBROMA CACAO, L ). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK


Salbiah Usman, “Pengaruh Media Semai dan Jenis ZPT Giberellin Terhadap Viabilitas Benih Kakao (Theobroma Cacao, L)” dibawah bimbingan Syukri selaku dosen pembimbing utama dan Iwan Saputra selaku dosen pembimbing anggota.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media semai dan jenis ZPT Giberellin terhadap viabilitas benih kakao serta interaksi yang muncul dari kedua perlakuan.


Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Dasar Universitas Samudra, dengan ketinggian tempat ± 3 mdpl dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2017.


Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial, yang terdiri dari 2 faktor yaitu : Faktor Media Semai (M) yang terdiri dari 4 taraf yaitu : M1 (Tanah), M2 (Pasir), M3 (Serbuk Gergaji) dan M4 (Kompos Sawit). Faktor jenis ZPT (J) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : J1 (Stars Gibb (0,02 ml/liter air), J2 (Viva Gibb (0,07 ml/liter air) dan J3 (GT GA3 (0,01 ml/liter air).


Parameter pengamatan yang diamati dalam penelitian ini ialah sebagai berikut : potensi tumbuh, daya kecambah, kecepatan tumbuh benih, indeks vigor, tinggi kecambah, panjang akar dan bobot akar.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan media semai berpengaruh sangat nyata terhadap daya kecambah, potensi tumbuh, indeks vigor, kecepatan tumbuh, tinggi kecambah, panjang akar dan bobot akar. Perlakuan terbaik ditemukan pada media semai pasir.


Perlakuan jenis ZPT Giberellin berpengaruh tidak nyata terhadap seluruh parameter pengamatan yang diamati meliputi daya kecambah, potensi tumbuh, kecepatan tumbuh, indeks vigor, tinggi kecambah, panjang akar dan bobot akar.


Interaksi antara perlakuan kedua perlakuan tidak berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter pengamatan yang diamati meliputi daya kecambah, potensi tumbuh, kecepatan tumbuh, indeks vigor, tinggi kecambah, panjang akar dan bobot akar.


Berdasarkan hasil penelitian untuk dapat meningkatkan viabilitas kakao yang optimal maka dianjurkan melakukan penanaman dengan menggunakan media semai pasir.

Kata kunci : Media Semai, ZPT Giberellin, Viabilitas Benih Kakao

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Salbiah usman
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2017)
Tanggal disimpan : 28-01-2021 12:22
Terakhir diubah : 29-03-2021 03:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2017
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=904
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!