DALAE AL KHAIRAT DALAM MASYARAKAT DAYAH (STUDI KASUS DI DAYAH DARUL ISLAH KAMPUNG MEURANDEH KECAMATAN MANYAK PAYED)

KARNILA (2019), DALAE AL KHAIRAT DALAM MASYARAKAT DAYAH (STUDI KASUS DI DAYAH DARUL ISLAH KAMPUNG MEURANDEH KECAMATAN MANYAK PAYED) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kegiatan Dalae Al Khairat masih dilakukan pada pesantren-pesantren atau dayah dalam penyebutanya di Aceh. Sementara itu, di Dayah Darul Islah Kampung Meurandeh Kecamatan Manyak Payed,Dalae Al Khairat masih dilaksanakan hingga saat ini. Dalae Al Khairat di Dayah Darul Islah Kampung Meurandeh Kecamatan Manyak Payedyaitu merupakan bacaan-bacaan berupa shalawat kepada Nabi dan juga kisah para Ambiya, yang dibacakan secara bersama-sama oleh para kelompok santri Dayah Darul Islah. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan Dalae Al Khairat pada Dayah Darul Islah, tentunya memiliki manfaat yang positif bagi masyarakat yang ada di dalam lingkungan dayah, terkhususnya para kelompok santri yang memainkan Dalae Al Khairat dan juga seluruh pendengar yang ada di lingkungan dayah. Dengan demikian, kegiatan Dalae ini tetap dipertahankan oleh pihak pengurus Dayah Darul Islah, untuk tetap dipertahankan dalam kegiatan sehari-hari para santri dalam lingkungan Dayah Darul Islah.


Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai yang terkandung didalam Dalae Al Khairat yang hingga saat ini masih dilakukan oleh masyarakat Dayah Darul Islah dan juga untuk mengetahui upaya apa saja yang telah dilakukan maupun upaya yang sedang dilakukan dalam menajaga tradisiDalae Al Khairat oleh masyarakat Dayah Darul Islah Kampung MeurandehKecamatan Manyak Payed.


Adapun metode yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang fokus dilakukan di lapangan atau medan penelitian yang fokusnya pada sebuah kajian sosial dan budaya juga beberapa fokus lainya. Sedangkan pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan etnografi yaitu sebuah pendakatan yang mengarah pada kebudayaan-kebudayaan dalam sebuah lingkungan masyarakat.


Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah bahwa banyak nilai-nilai positif yang terdapat dalam kegiatan Dalael Al Khairat baik bagi pengamalnya maupun pendengarnya, adapun nilai-nilai tersebut adalah terbagi menajdi tiga yaitu yang pertama nilai religius atau keagamaan kedua nilai sosial budaya dalam kemasyarakatan dan nilai edukasi atau pendidikan bagi para pengamalnya atau santri dayah. Dengan demikian kegiatan dalael Al Khairat ini masih terus dipertahankan dengan beberapa upaya dari pihak dayah dan juga masyarakat salah satunya dengan membuat latihan rutin dalael untuk para santri dayah dan masyarakat turut melibatkan kelompok dalael santri dalam memperingati peringatan hari besar Islam di kampung Meurandeh.


Kesimpulan dari pembahasan ini adalah kegiatanDalael Al Khairat memiliki beberapa nilai-nilai yang positif baik bagi pembaca atau pengamalnya dan juga para pendengarnya sehingga dengan adanya nilai-nilai yang positif tersebut, kebiasaan membaca Dalael Al Khairat masih bertahan hingga saat ini. Kemudian untuk mempertahankan kegiatan Dalael Al Khairat pihak Dayah Darul Islah sendiri malakukan upaya dengan cara terus mengajarkan dengan membentuk kelompok-kelompok Dalael dalam lingkungan dayah.

Kata kunci : Budaya, Kebiasaan, Dalael Al Khairat, Dayah Darul Islah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : KARNILA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2019)
Tanggal disimpan : 22-01-2021 10:45
Terakhir diubah : 25-02-2021 04:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=871
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!