PERAN KUA DALAM PENYELENGGARAAN PERKAWINAN DI DARUL AMAN TAHUN 2016 – 2017

Muhammad Badawi (2019), PERAN KUA DALAM PENYELENGGARAAN PERKAWINAN DI DARUL AMAN TAHUN 2016 – 2017 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

KUA merupakan lembaga hukum yang sangat sentral. Dari perkawinan akan lahir hubungan hukum privat seperti hubungan hukum nasab, kewarisan, status harta (dalam perkawinan maupun sasat putusnya perkawinan), dan lain lain, maupun hubungan hukum publik, seperti  hubungan dengan masyarakat dan Negara. Campur  tangan  (intervenes) Negara terhadap lembaga perkawinan dapat pahami, karena dampak hubungan hukum yang dilahirkannya sangat luas. Kantor Urusan Agama sebagai lembaga resmi yang di bentuk berdasarkan undang-undang mempunyai peran penting dalam menekan angka nikah siri disetiap daerah hukumnya, hal ini untuk menjalankan amanat undang-undang.


Tujuan dari penelitian adalah penulis ingin mengetahui bagaimanakah kondisi perkawinan di Kecamatan Darul Aman kabupaten Aceh Timur dan juga ingin mengaetahui bagaimana peran KUA dalam menanggapi pernikahan resmi dan tidak resmi di Kecamatan Darul Aman Aceh Timur, dan juga ingin mengetahui bagaimana pengaruh masyarakat terhadap keberadaan KUA di Darul Aman Kabupaten Aceh Timur.


Metode penelitian yang di pakai dalam penelitian ini adalah metode sejarah kritis yang mencakup empat langkah atau tahapan, sebagai berikut: mencari dan menggumpulkan berbagai jenis sumbar baik primer maupun skunder. Melakukan kritik atas sumber-sumber yang dikumpulkan baik kritik ekstern maupun intern guna menguji otentisitas, kredibelitas dan juga mengunakan teknik analisis data yang memunculkan berbagai fakta yang diperlukan dari sumber atau mengumpulkan fakta. Menshintesakan fakta-fakta dan menjadi suatu kisah sejarah yang lebih bermakna dan sempurna.


Hasil penelitian menunjukan bahwa KUA Kecamatan Di Darul Aman mempunyai peran sangat strategis dalam upaya pengembangan dan pembinaan kehidupan keagamaan di masyarakat Darul Aman. Disamping karena memang letaknya di tingkat kecamatan yang langsung berhadapan dengan masyarakat, juga karena fungsi-fungsi yang melekat pada diri KUA itu sendiri, karenanya masyarakat sangat mengharapkan kepada aparatur yang berada di KUA Kecamatan mampu memberikan pelayanan secara maksimal sesuai dengan tugas dan fungsinya tentang pelaksanaan pembinaan keluarga sakinah.


Dalam penulisan ini banyak terdapat kekurangan maka dari sini, penulis berharap kepada mahasiswa, khusnya dari Prodi pendidikan sejarah, baik itu yang terdapat didaerah maupun diluar daerah, agar dapat melajutkan penelitian dengan tema seperti ini, terutama terhadap peran KUA dalam pencatat nikah di Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur. Sehingga buku-buku tersebut dapat menjadi sumber bagi penelitian dan bagi generasi selanjutnya.

Kata kunci : KUA, Masyarakat dan Darul Aman

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Badawi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2019)
Tanggal disimpan : 13-01-2021 12:08
Terakhir diubah : 25-02-2021 04:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=838
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!