ANALISIS LAYANAN GURU KELAS BAGI SISWA SLOW LEARNER DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 5 LANGSA

Indriani Ginting (2020), ANALISIS LAYANAN GURU KELAS BAGI SISWA SLOW LEARNER DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian berikut ini adalah layanan guru kelas bagi siswa slow learner di kelas V SD Negeri 05 Langsa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan layanan guru kelas bagi siswa slow learner di kelas V SD Negeri 05 Langsa. Dalam penelitian ini, aspek yang diteliti meliputi pemahaman yang dimiliki guru dan pelaksanaan layanan guru kelas yang diberikan kepada siswa.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang jenisnya naturalistik, yang sebagai subjek yaitu seorang guru kelas V di SD Negeri 05 Langsa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan.


Hasil dari penelitian layanan guru kelas bagi siswa slow learner, adalah sebagai berikut: (1) Pemahaman yang dimiliki guru tentang siswa slow learner belum terlalu mendalam begitu juga tentang konsep maupun karakteristik siswa slow learner; (2) Pelaksanaan layanan guru kelas yang diberikan kepada siswa slow learner dalam hal memodifikasi alokasi waktu suatu pembelajaran adalah, guru masih memberikan perlakuan secara umum kepada seluruh siswanya di kelas, pembelajaran belum tertuju khusus kepada siswa slow learner; (3) Pelaksanaan layanan yang diberikan guru kelas kepada siswa slow learner dalam hal memodifikasi isi atau suatu materi pelajaran yaitu, guru kelas belum mampu melakukan penurunan tingkat kesulitan suatu materi pelajaran kepada siswa; (4) Pelaksanaan layanan yang diberikan guru bagi siswa slow learner dalam hal memodifikasi proses belajar-mengajar belum sepenuhnya terlaksana.


Saran yang diberikan untuk layanan guru kelas bagi siswa slow learner, adalah: (1) Guru dapat melakukan pembelajaran melalui tutor sebaya, (2) Guru dapat memberikan siswa slow learner pembelajaran seperti remedial, dan (3) Guru dapat memberikan soal yang sederhana kepada siswa slow learner.

Kata kunci : layanan guru, slow learner

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Indriani Ginting
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2020)
Tanggal disimpan : 17-11-2020 10:10
Terakhir diubah : 26-02-2021 10:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=731
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!