EFEKTIVITAS DANA DESA UNTUK PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DESA SRIWIJAYA KABUPATEN ACEH TAMIANG

SINDI SAH PUTRI (2024), EFEKTIVITAS DANA DESA UNTUK PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DESA SRIWIJAYA KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pengelolaan dana desa di Sriwijaya dari perspektif masyarakat desa. Data dianalisis untuk menentukan persentase efektivitas pengelolaan dana desa secara keseluruhan, pengelolaan dana terhadap pengembangan potensi desa, dan tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pandangan masyarakat desa Sriwijaya, pengelolaan dana desa oleh pemerintah desa telah berjalan efektif dengan persentase sebesar 76,40%. Pengelolaan dana desa secara keseluruhan mendapatkan nilai indeks total sebesar 67,06%, yang mengindikasikan kategori efektif. Anggaran dana desa terhadap pengembangan potensi desa juga dinilai efektif dengan skor 74,22%. Namun, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan anggaran dana desa masih dianggap cukup dengan skor 49,82%.

Kata kunci : Efektivitas dana desa, Pengembangan potensi ekonomi desa, Partisipasi Masyarakat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SINDI SAH PUTRI
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 02-07-2024 09:59
Terakhir diubah : 15-08-2024 12:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6049
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!