PENGARUH PEMBERIAN PUPUK BOKASHI BERBAHAN DASAR URIN KAMBING DAN AMPAS TEBU TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN TOMAT (Solanum lycopersicum)

PIPIT PUTRI (2018), PENGARUH PEMBERIAN PUPUK BOKASHI BERBAHAN DASAR URIN KAMBING DAN AMPAS TEBU TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN TOMAT (Solanum lycopersicum) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Bokashi adalah sebuah metode pengomposan yang dapat menggunakan starter aerobik maupun anaerobik untuk mengkomposkan bahan organik, yang biasanya berupa campuran molasses, air, starter mikroorganisme, dan sekam padi. Pematangan pupuk bokhasi akan beberapa hari terjadi setelah bahan-bahan organik di fermentasi /diurai oleh bakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian pupuk bokashi berbahan dasar urin kambing dan ampas tebu terhadap laju pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) Untuk mengetahui manakah perlakuan yang paling baik dari pupuk bokashi berbahan dasar urin kambing dan ampas tebu terhadap laju pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan 5 perlakuan 5 ulangan. Perlakuan 1 (P) tanpa menggunakan pupuk bokashi (kontrol), perlakuan 2 (P1) tanah + pupuk bokashi berbahan dasar urine kambing dan ampas tebu( 1:1 ), perlakuan 2 (P2) tanah + pupuk bokashi berbahan dasar urine kambing dan ampas tebu( 1:2 ), perlakuan 4 (P3) Tanah + pupuk bokashi berbahan dasar urine kambing dan ampas tebu ( 1:3 ), perlakuan 5 (P4) Tanah + pupuk bokashi berbahan dasar urine kambing dan ampas tebu( 3:1 ). Hasil penelitian Ada pengaruh yang signifikan pemberian pupuk bokashi berbahan dasar urin kambing dan ampas tebu terhadap pertumbuhan Tanaman tomat (Solanum lycopersicum L) perlakuan yang paling baik pemberian pupuk bokashi berbahan dasar urin kambing dan ampas tebu terhadap tinggi tanaman maupun jumlah daun yaitu pada perlakuan (P4). Sedangkan perlakuan terendah yaitu pada perlakuan 1(P0). Perlakuan yang paling baik dari pupuk bokashi berbahan dasar urin kambing dan ampas tebu adalah pada P4 (Tanah + pupuk bokashi berbahan dasar urine kambing dan ampas tebu( 3:1 ) dengan tinggi tanaman 51,6 cm dan jumlah daun 60,4. Saran penulis Kepada petani tanaman tomat agar dapat menggunakan pupuk pupuk bokashi berbahan dasar urin kambing dan ampas tebu dari hasil penelitian dapat meningkat pertumbuhan tanaman tomat


Kata kunci : Kata Kunci : Pupuk Bokashi, Pertumbuhan, Tomat (Solanum lycopersicum)
File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : PIPIT PUTRI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Pembimbing : -
Tanggal disimpan : 16-03-2020 11:48
Terakhir diubah : 16-03-2020 11:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=577