PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIPE BAMBOO DANCING PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ramadhanisa (2022), PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIPE BAMBOO DANCING PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di SMA Negeri 5 Langsa, diperoleh beberapa informasi bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar Fisika. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan bamboo dancing terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran dan satuan di kelas X di SMA Negeri 5 dan untuk mengetahui besarnya hasil perbedaan antara model kooperatif tipe group investigation dengan model kooperatif tipe bamboo dancing. Metode penelitian berupa quasy eksperimental design dengan populasi seluruh siswa kelas X yang berjumlah 111siswa. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas X IPA 3 berjumlah 28 siswa dan kelas X IPA 4 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tertulis dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 10 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Hasil penelitian diperoleh tidak ada perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan bamboo dancing terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran dan satuan di kelas X di SMA Negeri 5 LangsaTahun Pelajaran 2021/2022. Besarnya hasil perbedaan antara model kooperatif tipe group investigation dengan model kooperatif tipe bamboo dancing adalah sebesar 0,1111.

Kata kunci : Model Kooperatif, HasilBelajar, Besaran Dan Satuan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ramadhanisa
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 28-03-2024 11:04
Terakhir diubah : 29-04-2024 14:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5612
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!