USULAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL DUDEK SMITH (CDS) UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN STUDI KASUS: CV.NBW.ID DI KOTA LANGSA”

KHAIRUNNISA (2023), USULAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL DUDEK SMITH (CDS) UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN STUDI KASUS: CV.NBW.ID DI KOTA LANGSA”. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

CV.NBW.ID merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha produksi desain interior/furniture yang terletak di jalan Prof. Majid Ibrahim, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa. Proses penjadwalan dilakukan agar meminimalkan besarnya makespan dalam sistem produksi. Permasalahan yang sering terjadi adanya keterlambatan dalam penyelesaian produk sehingga prouduk tidak selesai sesuai kesepakatan perusahaan kepada pelanggan. Tujuan dalam penilitian ini adalah menyusun alternatif penjadwalan produksi untuk meminimumkan makespan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penjadwalan merupakan pengkoordinasian tentang waktu dalam melakukan kegiatan produksi sehingga dapat diadakan ketetapan penyelesaian produk dan durasi waktu produksi, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campbell dudek smith (CDS). Berdasarkan hasil penelitian maka didapat urutan job yang dikerjakan adalah 7-4-6-10-8-2-5-3-9-1 dengan makespan sebesar 4158 menit dan tidak adanya terjadi keterlambatan penyelesaian job sedangkan sebelum dilakukan penjawalan dengan metode campbell dudek smith (CDS) didapat makespan sebesar 7341 menit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penjadwalan produksi dengan metode campbell dudek smith (CDS) bisa menghemat makespan sebesar 3183 menit.

Kata kunci : Penjadwalan, Campbell Dudek Smith (CDS), Makespan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : KHAIRUNNISA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 27-03-2024 16:08
Terakhir diubah : 29-04-2024 14:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5611
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!