PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK) CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA PT BCA SYARIAH

Arisa Agustina (2024), PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK) CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA PT BCA SYARIAH . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dana pihak ketiga, capital adequacy ratio dan return on asset terhadap pembiayaan mudharabah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian yaitu laporan keuangan tahunan PT BCA Syariah tahun 2013-2022. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik dan analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS sebagai alat analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan mudharabah dan Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh terhadap pembiayaan mudharabah. Sedangkan secara simultan, semua variabel independent yaitu dana pihak ketiga, capital adequacy ratio dan return on asset bersama-sama memiliki pengaruh positif sigifikan terhadap pembiayaan mudharabah. Penelitian ini masih memiliki keterbatasan terutama variabel yang diteliti. Penelitian selanjutnya disarankan menambah variabel independent lainnya untuk menjelaskan pengaruhnya terhadap pembiayaan mudharabah seperti Non Performing Financing, To Deposito Ratio, dan Inflasi. Selain itu perlu juga memperluas objek penelitian yang lebih banyak dan menambah periode penelitian sehingga diharapkan mendapat hasil penelitian yang lebih baik dan akurat.

Kata kunci : DPK, CAR, ROA dan Mudharabah.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Arisa Agustina
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2024)
Tanggal disimpan : 13-03-2024 14:10
Terakhir diubah : 18-03-2024 14:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5536
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!