PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMA  

Nadita Moulina (2024), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMA   . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran peoject based learning berdiferensiasi terhadap kreativitas siswa di SMA Negeri 3 Langsa. Ditunjukan dengan ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diterapkan dengan model pembelajran project based learning berdiferensiasi dan project based learning tidak berdiferensiasi.Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain nonequivalen kontrol group desain, dengan dua kelompok perlakuan yang berbeda. Sebelum diberikan perlakuan dua kelompok tersebut diberikan soal pre test berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif, untuk mengetahui kemampuan awal sebelum diberikan perlakuan. Setelah dua kelompok tersebut diberikan perlakuan masing-masing dan dua kelompok tersebut pun diberikan pos test berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif untuk mengetahui kemampuan akhir setelah diberi perlakuan. Menguji hipotesis digunakan Teknik uji one way anova. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang menerapkan model project based learning berdiferensiasi dan kelas yang menerapkan model project based learning tidak diferensiasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil signifikasi hasil one way anova, nilai sig sebesar 0,091. Karena nilai sig kurang dari 0,05 maka disimpulkan bahwa dua model pembelajaran mempunyai rata-rata hasil belajar yang berbeda.

Kata kunci : Model Project Based Learning, Diferensiasi, Kreatif, Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nadita Moulina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2024)
Tanggal disimpan : 07-03-2024 08:32
Terakhir diubah : 25-03-2024 11:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5516
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!