PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 TAMIANG HULU PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Cici Damai Yanti (2024), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 TAMIANG HULU PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 Penelitian ini di latar belakangi dengan kurang berkembangnya  metode pembelajaran di kelas karena menggunakan metode pembelajaran yang mana murid hanya terpaku saat guru menjelaskan dan menulis apa yang di sampaikan oleh guru menyebabkan peroses pembelajaran di kelas kurang sepenuhnya efektive. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa berpengaruh dari kedua model pembelajaran PBL dan Inkuiri di kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 di Sma Negeri 1 Tamiang Hulu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian Eksperimen Pretest Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini populasinya adalah kelas IPS di SMA Negeri 1 Tamiang Hulu. Sampel penelitian kelas XI IPS 1 yang berjumlah  siswa nya yaitu 33 orang siswa, dengan rata-rata nilai post-test adalah 79.09 dan dengan nilai rata-rata kelas XI IPS 2 yang berjumlah siswa nya 33 orang siswa, dengan rata-rata post-test adalah 75.15.untuk menguji nilai signifikan di dukung dengan hasil perhitungan uji-t yang menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,027 lebh kecil dari 0,05 dengan taraf signifikan 5% sehingga keputusannya adalah Ho di tolak dan Ha di terima. Hasil uji N-gain kelas Eksperimen dapat di simpulkan bahwa hasil perhitungan rata-rata N-gain score kelas Eksperimen I menunjukan nilai sebesar 68.12% yang termasuk dalam katagori cukup efevektif sesuai dengan tafsiran efektivitas N-gain. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran Problem Based Learning cukup berpengaruh dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan  kemampuan berfikir kreatif pada mata pelajaran geografi. Namun karena kedua bertujuan tidak membandingkan maka kedua model sama-sama berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa.

Kata kunci : Pengaruh, Kemampuan berfikir kreatif, Problem based learning, Inkuiri

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Cici Damai Yanti
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2024)
Tanggal disimpan : 04-03-2024 12:48
Terakhir diubah : 15-03-2024 14:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5494
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!