ANALISIS PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PABRIK CRUDE PALM OIL (CPO) MENGGUNAKAN METODE RATING SCALE UNTUK MENCAPAI TARGET PERUSAHAAN ( STUDI KASUS :PT.TEUPIN LADA, JULOK, ACEH TIMUR)

Muhammad Nazar (2024), ANALISIS PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PABRIK CRUDE PALM OIL (CPO) MENGGUNAKAN METODE RATING SCALE UNTUK MENCAPAI TARGET PERUSAHAAN ( STUDI KASUS :PT.TEUPIN LADA, JULOK, ACEH TIMUR). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ABSTRAK


PT. Teupin Lada yang merupakan perusahaan pengolahan kelapa sawit dari TBS menjadi Cruide Palm Oil (CPO) yang telah berdiri sejak tahun 2018 Di desa Blang Gleum, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur.Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu penilaian kinerja operator produksi PT. Teupin Lada, Julok, Aceh Timur yang sebelum nya bersifat subjektif (konvensional). Menjadi penilaian kinerja yang objektif sehingga memudahkan perusahaan dalam melakukan penilaian kinerja operator dan mencapai target pada perusahaan.Metode yang digunakan adalah metode Rating Scale.Hasil Penilaian kinerja menjukan terdapat 2 operator bagian produksi PT. Teupin Lada, Julok, Aceh Timur  yang bekerja dengan kinerja sangat tinggi dengan skala penilaian A dan memiliki penilaian tertinggi 4,48, selanjutnya 26 operator dengan kinerja tinggi pada scala B, dan 4 operator yang memiliki kinerja standar dengan scala penilaian C untuk penilaian terendah adalah 3,23. Berdasarkan hasil rata – rata nilai terdapat beberapa kriteria yang masuk kedalam nilai rendah yaitu kriteria kedisiplinan, pemahaman tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dan kurang nya dalam kehadiran.Kesimpulan dari penelitian ini Terdapat 6 kriteria dalam penilaian kinerja karyawan yaitu kesehatan dan keselamatan kerja (K3), kriteria tanggung jawab, kriteria kedisiplinan, Kriteria inisiatif, kriteria pengetahuan dan kriteria kerjasama. Dari perhitungan bobot menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) didapatkan hasil indikator/kriteria dengan bobot tertinggi sebesar 0,409 pada kriteria kedisiplinan, kemudian yang kedua kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dengan bobot sebesar 0,237, sedangkan yang ketiga yaitu bobot kerjasama sebesar 0,120, dilanjutkan dengan pengetahuan sebesar 0,104, tanggung jawab 0,088 dan yang terakhir inisiatif dengan bobot sebesar 0,043.


 


 

Kata kunci : Penilaian Kinerja, Kinerja Karyawan Produksi, Rating Scale

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Nazar
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2024)
Tanggal disimpan : 23-02-2024 11:01
Terakhir diubah : 19-07-2024 10:25
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5406
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!