PENGARUH ORIENTASI MASA DEPAN, PENGETAHUAN KEUANGAN DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PERILAKU PERENCANAAN DANA PENSIUN KELUARGA (STUDI KASUS PADA SD WILAYAH ACEH TAMIANG)

Maulita Sari (2024), PENGARUH ORIENTASI MASA DEPAN, PENGETAHUAN KEUANGAN DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PERILAKU PERENCANAAN DANA PENSIUN KELUARGA (STUDI KASUS PADA SD WILAYAH ACEH TAMIANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi masa depan, pengetahuan keuangan dan kecerdasan spiritual dengan perilaku perencanaan dana pensiun keluarga. Populasi pada penelitian ini yaitu berjumlah 1064 guru SDN berstatus PNS dan sampelnya berjumlah 291 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Y = 1,989 + 0,129X1 + 0,165X2 + 0,164X3. Hasil penelitian untuk uji t menunjukkan bahwa variabel orientasi masa depan sig > 0,05 yang berarti orientasi masa depan berpengaruh tidak signifikan terhadap perilaku perencanaan dana pensiun keluarga, akan tetapi untuk variabel independen diperoleh t sig < 0,05 sehingga variabel pengetahuan keuangan dan kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap perilaku perencanaan dana pensiun keluarga. Hasil penelitian untuk uji F yaitu F sig < 0,05 menunjukkan bahwa variabel orientasi masa depan, pengetahuan keuangan dan kecerdasan spiritual secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku perencanaan dana pensiun. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi ( Adjusted R2) diperoleh nilai sebesar 4,7%.

Kata kunci : Orientasi Masa Depan, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Perencanaan Dana Pensiun Keluarga.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Maulita Sari
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 16-02-2024 10:04
Terakhir diubah : 23-02-2024 15:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5376
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!