DESAIN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ASSEMBLR EDU TERKAIT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Rosyalinda Afrita (2024), DESAIN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ASSEMBLR EDU TERKAIT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi assemblr edu terkait kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian berupa RPP dan LKPD untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Langsa dengan rata-rata nilai uji kevalidan yang terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli desain, dan 1 guru. Untuk hasil validasi RPP oleh ahli materi dan guru didapatkan nilai rata-rata sebesar 85,6% dengan kriteria sangat baik. Untuk hasil validasi LKPD oleh ahli desain dan guru didapatkan nilai rata-rata sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil validasi LKPD oleh ahli materi dan guru didapatkan nilai rata-rata 86,4% dengan kriteria sangat baik. Pengembangan desain pembelajaran Project Based Learning berbantuan aplikasi Assembr Edu terkait kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Langsa dengan rata-rata nilai uji kepraktisan sebesar 82,1% dengan kriteria sangat baik dengan kata lain desain pembelajaran yang dikembangkan ini sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran dikelas. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi peneliti lainnya dalam mengembangkan desain pembelajaran dengan berbantuan aplikasi AR dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran menggunakan desain pembelajaran ini dikelas untuk mengasah berpikir kritis peserta didik

Kata kunci : Penelitian Pengembangan, ADDIE, Project Based Learning, Assemblr Edu, Berpikir Kritis.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rosyalinda Afrita
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2024)
Tanggal disimpan : 15-02-2024 13:17
Terakhir diubah : 19-03-2024 14:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5371
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!