PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 LANGSA

Laila Ramadhani (2024), PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran yang membantu siswa untuk aktif berinteraksi dalam proses pembelajaran yang dapat memudahkan siswa untuk menemukan solusi pada kesulitan saat memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian mengetahui penerapan model Numbered Heads Together terhadap karakter siswa dan penerapan model Numbered Heads Together terhadap hasil belajar di SMA Negeri 5 Langsa. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yang diambil oleh peneliti adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 langsa yang berjumlah sebanyak 120 siswa. Sampel peneliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol yang dipilih secara random sampling.Instrumen yang di gunakan adalah soal tertulis berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dan lembar observasi. Berdasarkan perhitungan rubrik penelitian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter yaitu dengan nilai rata – rata sebanyak 96,77 pada kelas eksperimen dan nilai rata – rata sebanyak 90,78 pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai N– gain sebanyak 0,596 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen dan nilai N– gain sebanyak 0,415 dengan kategori sedang pada kelas kontrol. Dari Hasil penelitian ini didapatkan perhitungan uji t didapatkan nilai thitung 2,4749 > 2,0017. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Numbered Heads Togheter dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati.

Kata kunci : Model Numbered Heads Together, Karakter, Hasil Belaja

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Laila Ramadhani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 07-02-2024 10:18
Terakhir diubah : 20-02-2024 10:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5350
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!