PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAMUDRA

Linda Cindyani Angelina Pakpahan (2024), PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAMUDRA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat, kemudahan, keamanan, gaya hidup terhadap minat penggunaan digital payment pada mahasiswa Universitas Samudra. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Samudra yang terdaftar sebagai pengguna Digital Payment, seperti: Mobile Banking, Dana, dan Ovo di mana jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non‑probability sampling dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 108 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (Adjusted R2). Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda Y = 0,464 - 0,028 + 0,161 + 0,195 + 0,509. Hasil uji t menunjukkan secara parsial manfaat dan kemudahan berpengaruh tidak signifikan terhadap minat penggunaan Digital Payment pada mahasiswa Universitas Samudra, sedangkan keamanan dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan Digital Payment pada mahasiswa Universitas Samudra. Hasil uji F menunjukkan secara simultan manfaat, kemudahan, keamanan dan gaya hidup memiliki pengaruh signifikan terhadap minat penggunaan Digital Payment pada mahasiswa Universitas Samudra. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R2) diperoleh nilai Adjusted R2 Square sebesar 0,594 atau 59,4% sedangkan sisanya 40,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti misalnya seperti kepecayaan resiko dan persepsi konsumen.

Kata kunci : Manfaat, Kemudahan, Keamanan, Gaya Hidup, Minat Penggunaan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Linda Cindyani Angelina Pakpahan
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 05-02-2024 08:33
Terakhir diubah : 16-02-2024 09:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5333
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!