ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN JADWAL PROYEK (SCHEDULING) DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM DASAR UNIVERSITAS SAMUDR

NURAZIZAH (2021), ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN JADWAL PROYEK (SCHEDULING) DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM DASAR UNIVERSITAS SAMUDR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Jasa konstruksi dalam pembangunannya selalu berkembang pesat dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, pembangunan nasional memiliki peranan yang sangat penting dan strategis yang mana keefektifan, efesiensi, ketepatan, serta ekonomis menjadi tuntutan dalam persaingan pembangunan yang sangat kompetitif. Dengan banyaknya pembangunan konstruksi yang ada, tidak menutup kemungkinan suatu proyek terhambat dan mengalami keterlambatan karena ketidaksesuaian jadwal rencana dengan realisasi yang ada di lapangan. Pelaksanaan proyek konstruksi pada pembangunan Gedung Laboratorium Dasar Universitas Samudra mengalami perubahan desain karena penyesuaian kondisi dan kebutuhan lapangan sehingga terdapat deviasi jadwal pekerjaan antara rencana dan pelaksanaan pada proyek tersebut. Untuk mencapai target sesuai rencana agar tidak mengalami keterlambatan maka dapat diatasi dengan melakukan percepatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu dan biaya percepatan yang diperlukan dengan dilakukan penjadwalan ulang. Penelitian ini menerapkan pendekatan Time Cost Trade Off dengan alternatif penambahan jam lembur dan tenaga kerja. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan, untuk penambahan jam kerja selama 4 jam kerja lembur proyek dapat diselesaikan dalam kurun waktu 23 hari dari 32 hari rencana penyelesaian dan mengalami peningkatan sebesar Rp.7.294.194.057,00 sedangkan pada penambahan tenaga kerja sebanyak 41 orang dapat diselesaikan dalam kurun waktu 25 hari dari 32 hari rencana penyelesaian proyek dan mengeluarkan biaya tambahan lebih sedikit yaitu Rp.118.314.967,00. Sehingga pemilihan metode Time Cost Trade Off yang lebih efektif untuk penyelesaian proyek adalah penambahan tenaga kerja.

Kata kunci : Proyek Konstruksi, Scheduling, Time Cost Trade Off.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NURAZIZAH
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2021)
Tanggal disimpan : 26-01-2024 11:11
Terakhir diubah : 26-01-2024 11:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5284
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!