ANALISIS HUBUNGAN SIKAP KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN, PENGETAHUAN KEUANGAN DAN KEPRIBADIAN KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PADA BUMG DI KOTA LANGSA

Rizky isfany (2024), ANALISIS HUBUNGAN SIKAP KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN, PENGETAHUAN KEUANGAN DAN KEPRIBADIAN KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PADA BUMG DI KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan sikap keuangan, literasi keuangan, pengetahuan keuangan dan kepribadian keuangan terhadap pengelolaan keuangan pada Badan Usaha Milik Gampong di Kota Langsa. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 92 responden pada Badan Usaha Milik Gampong yang ada di Kota Langsa. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear berganda dengan Y = 5.985 + 0.034X1 + 0.267 X2 + 0.017 X3 + 0.372 X4. Hasil uji t diketahui bahwa Sikap Keuangan (X1) dan Pengetahuan Keuangan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengelolaan Keuangan pada BUMG di Kota Langsa sedangkan Literasi Keuangan (X2) dan Kepribadian Keuangan (X4) berpengaruh signifikan terhadap Pengelolaan Keuangan pada BUMG di Kota Langsa. Hasil analisis koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa kontribusi variabel sikap keuangan, literasi keuangan, pengetahuan keuangan dan kepribadian keuangan mempengaruhi pengelolaan keuangan pada BUMG di Kota Langsa sebesar 65,2%, sisanya sebesar 34,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil analisis koefisien korelasi (R) sebesar 0,817. Berdasarkan koefisien korelasi (R) 0,817 tersebut berada pada rentang 0,80-1,00 dengan tingkat hubungan sangat kuat, maka dapat dinyatakan variabel sikap keuangan, literasi keuangan, pengetahuan keuangan dan kepribadian keuangan memiliki keeratan hubungan yang sangat kuat terhadap pengelolaan keuangan pada Badan Usaha Milik Gampong di Kota Langsa.

Kata kunci : Sikap, Literasi, Pengetahuan, Kepribadian dan Pengelolaan Keuangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rizky isfany
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 24-01-2024 11:10
Terakhir diubah : 30-01-2024 10:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5250
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!