PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN PELAKU UMKM DI LANGSA KOTA (STUDI KASUS USAHA PAKAIAN JADI)

Miftahul Jannah (2024), PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN PELAKU UMKM DI LANGSA KOTA (STUDI KASUS USAHA PAKAIAN JADI) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan pendapatan terhadap perilaku keuangan pelaku UMKM di Langsa Kota (usaha pakaian jadi). Populasi pada penelitian ini yaitu berjumlah 73 pelaku UMKM di Langsa Kota yang masih aktif dan sampelnya berjumlah 73 pelaku UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan Y = 1.108 - 0.128X1 + 0.391X2 + 0.440X3 Konstanta bernilai 1.108 merupakan nilai perilaku keuangan pada pelaku UMKM apabila literasi keuangan, inklusi keuangan dan pendapatan bernilai tetap. Koefisien regresi variabel inklusi keuangan dan pendapatan berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan tetapi untuk variabel literasi keuangan berpengaruh negatif terhadap perilaku keuangan. Hasil penelitian untuk uji t untuk variabel inklusi keuangan dan pendapatan diperoleh t sig < 0.05 sehingga berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan akan tetapi untuk variabel literasi keuangan diperoleh t sig > 0.05 yang berarti literasi keuangan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap perilaku keuangan. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan, inklusi keuangan dan pendapatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan. untuk hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R2) diperoleh nilai sebesar 54% yang berarti bahwa perilaku perilaku keuangan dipengaruhi sebesar 54% oleh variabel literasi keuangan, inklusi keuangan, dan pendapatan.

Kata kunci : Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Pendapatan, Perilaku Keuangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Miftahul Jannah
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 17-01-2024 15:50
Terakhir diubah : 23-01-2024 15:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5236
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!