KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU TELKOMSEL (STUDI KASUS KOTA LANGSA)

Huda Nugroho (2024), KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU TELKOMSEL (STUDI KASUS KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan pada Masyarakat Kota Langsa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus unknown population sehingga responden dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persamaan regresi linear berganda dan uji hipotesis yang menggunakan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 3,013 + 0,128X1 + 0,304X2 + 0,463X3 artinya konstanta sebesar 3,013 menunjukkan nilai dari loyalitas pelanggan sebelum dipengaruhi variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga. Hasil uji t diketahui variabel kualitas pelayanan (X1) dengan nilai tsig sebesar 0,203 > 0,05 tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, variabel kualitas produk (X2) dengan nilai tsig sebesar 0,005 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, variabel harga (X3) dengan nilai tsig sebesar 0,000 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil Uji F diketahui nilai Fsig sebesar 0,000 < 0,05, artinya kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk kartu Telkomsel pada masyarakat Kota Langsa. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan kontribusi variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga mempengaruhi loyalitas pelanggan produk kartu Telkomsel pada masyarakat Kota Langsa sebesar 0,552 atau sama dengan 55,2%, sementara sisanya dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini seperti digital markrting dan citra merek.

Kata kunci : Kualitas pelayanan, Kualitas Produk, Harga, dan Loyalitas pelanggan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Huda Nugroho
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 16-01-2024 09:57
Terakhir diubah : 25-01-2024 12:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5225
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!