PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA MTS SWASTA AL-HUDA PANGKALAN SUSU

Humairoh (2023), PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA MTS SWASTA AL-HUDA PANGKALAN SUSU . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap penting dan perlu ditingkatkan secara terus menerus karena pada pelajaran matematika terkandung konsep yang logis dan realistis yang mampu membentuk pola pikir manusia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika secara umum dipandang oleh siswa sebagai mata pelajaran yang sulit, hal ini bisa dilihat dari masih banyaknya siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika. Salah satu cara untuk membangkitkan aktivitas belajar siswa secara aktif ialah dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching. Melalui model quantum teaching diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika berbasis kecerdasan logis-matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika berbasis kecerdasan logis-matematis melalui model quantum teaching pada siswa MTs Swasta Al-Huda Pangkalan Susu. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Swasta Al-Huda Pangkalan Susu yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VII-1, VII-2, dan VII-3 yang berjumlah 95 siswa. Adapun sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII-2 sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi. Berdasarkan lembar observasi yang menunjukkan bahwa peneliti sudah melaksanakan langkah-langkah pada materi operasi himpunan sesuai sintaks quantum teaching. Berdasarkan hasil penelitian siswa dengan menggunakan uji wilcoxon, karena data tidak berdistribusi normal. Hasil statistik yang telah dilakukan memperoleh nilai asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, hal ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak, karena 0,000 < 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika berbasis kecerdasan logis-matematis setelah mengalami pembelajaran dengan menggunakan model quantum teaching di MTs Swasta Al-Huda Pangkalan Susu pada materi operasi himpunan. Adapun saran dalam penelitian ini ialah dengan terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa, guru dapat mencoba untuk menerapkan model quantum teaching pada proses pembelajaran matematika.

Kata kunci : Hasil Belajar, Kecerdasan Logis-Matematis, Quantum Teaching.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Humairoh
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 12-01-2024 13:38
Terakhir diubah : 07-03-2024 09:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5206
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!