ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADI DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA UD. KILANG PADI GADENG JAYA DI ALUE GADENG GAMPONG KECAMATAN BIREM BAYEUN

Juriah (2024), ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADI DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA UD. KILANG PADI GADENG JAYA DI ALUE GADENG GAMPONG KECAMATAN BIREM BAYEUN . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jumlah persediaan bahan baku padi pada UD.Kilang Padi Gadeng Jaya di Alue Gadeng Gampong Kecamatan Birem Bayeun dengan menggunakan metode Ekonomic Oerder Quantity (EOQ). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2023 dan merupakan penelitian kuantitatif deskriptif . Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara observasi, wawancara dengan menggunakan kuisioner langsung dengan responden. Data sekunder diperoleh melalui jurnal buku-buku dan catatan perusahaan selama satu tahun (Januari-Desember 2022). Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas liliefors, EOQ, Safety stock, Re-order point, Maksimum inventory, Total inventory cost dan efisiensi biaya persediaan. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah pembelian yang ekonomis pada UD. Kilang Padi Gadeng Jaya yaitu adalah sebesar 164.240,12 Kg. Frekuensi pemesanan yaitu sebanyak 11 kali dalam setahun. Biaya pemesanan setelah menggunakan EOQ yaitu Rp. 587.765,96. Dengan biaya penyimpan setelah menggunakan EOQ yaitu Rp. 587.979,63. Dengan menggunakan metode EOQ nilai persediaan pengaman (safety stock) didapatkan jumlah sebanyak 14.922,98 kg dan didapatkan nilai titik pemesanan kembali (re-order point) pada saat jumlah mencapai sebesar 20.037,1 Kg. Dengan menggunakan metode EOQ total biaya persediaan yang dikeluarkan dapat menjadi efisien dan perusahaan dapat menekan biaya agar lebih rendah lagi.

Kata kunci : Economic Order Quantity, Bahan Baku, Pengendaliaan Persediaan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Juriah
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 09-01-2024 15:39
Terakhir diubah : 11-01-2024 15:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5190
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!