PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEBUN LAMA

Ria Agustina (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEBUN LAMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks yang dibaca, maka untuk memperbaikinya diperlukan suatu model pembelajaran yang aktif dan efisien guna membantu peserta didik untuk memahami isi bacaan, maka salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa adalah model pembelajaran Survey,Question, Read, Recite, Review (SQ3R). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 2 Kebun Lama. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran terbukti dari hasil rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 82, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas guru meningkat menjadi 90, dan pada siklus III ata-rata aktivitas guru menjadi 96. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 68,07% sedangkan pada siklus II aktvitas siswa meningkat menjadi 78,37% dan pada siklus III rata-rata aktivitas siswa menjadi 84,44%. Penerapan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVB SD Negeri 2 Kebun Lama. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 66,5% pada siklus II sebesar 71,4% dan pada siklus III sebesar 83,6%. Saran yang dapat disampaikan peneliti agar siswa dalam proses pembelajaran selalu aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru. Sekolah diharapkan lebih aktif dalam memberikan pelatihan dan motivasi kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran yang menarik untuk siswa

Kata kunci : Model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite,Review (SQ3R), Membaca Pemahaman

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ria Agustina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 05-01-2024 10:57
Terakhir diubah : 10-01-2024 11:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5181
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!