ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP TELUR AYAM RAS DI KOTA LANGSA

Rana Raihanah (2024), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP TELUR AYAM RAS DI KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh harga telur ayam ras, pendapatan konsumen,jumlah anggota keluarga,selera konsumen,dan harga telur bebek terhadap permintaan telur ayam ras di Kota Langsa. Penelitian menggunakan metode survey. Penelitian ini berdasarkan tujuan penelitian yaitu menggunakan desain penelitian kausal. Penelitian kausal adalah penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh satu atau beberapa variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen). Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampel 50 konsumen telur ayam ras. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier sebagai berikut: Y =-128,018 + 0,02X1 + 0,000005422X2 + 1,955X3 + 14,065X4 + 0,015X5. Nilai R2 adjusted sebesar 0,506 artinya bahwa faktor harga telur ayam ras, pendapatan konsumen, jumlah anggota keluarga, selera konsumen, dan harga telur bebek berpengaruh terhadap permintaan telur ayam ras di Kota Langsa sebesar 50,6%. Sisanya sebesar 49,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini. Hasil Uji F secara serempak harga telur ayam ras, pendapatan konsumen, jumlah anggota keluarga, selera konsumen, dan harga telur bebek berpengaruh terhadap permintaan telur ayam ras di Kota Langsa. Hasil uji t secara terpisah pendapatan konsumen, selera konsumen, dan harga telur bebek berpengaruh terhadap permintaan telur ayam ras di Kota Langsa. Hasil uji t secara terpisah harga telur ayam ras dan jumlah anggota keluarga tidak berpengaruh terhadap permintaan telur ayam ras di Kota Langsa.

Kata kunci : Permintaan, telur ayam ras, pendapatan konsumen, jumlah anggota keluarga, selera konsumen, harga telur bebek.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rana Raihanah
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 30-12-2023 13:14
Terakhir diubah : 15-01-2024 11:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5150
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!