PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Irfan angga (2023), PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk modul digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPS untuk siswa Sekolah Dasar. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui validasi ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R&D dengam mode 4D yang terdiri dari empat tahapan pendefenisian (Difine), perencanaan (Design), pengembangan (Develop), Penyebarkan (Disseminate). Data yang diambil dalam penelitian ini berbentuk angket validasi ahli materi dan angket validasi ahli media. Hasil validasi ahli materi dilakukan sebanyak dua tahapan yaitu: tahap (1) memperoleh presentase 83% dengan kategori “valid”. Tahap (2) memperoleh presentase 98% dengan kategoti “sangat valid”. Selanjutnya validasi ahli media yang dilakukan sebanyak dia tahapan yaitu: tahap (1) memperoleh presentase 77% dengan kriteria “valid”. Tahap (2) memperoleh presentase 95% dengan kriteria “sangat valid”. Maka dapat disimpilkan bahwa modul digital berbasis kearfan lokal pada pembelajaran IPS untuk Siswa Sekolah Dasar sangat valid untuk digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran berlangsung.

Kata kunci : Kearifan Lokal, Modul Digital, Pengembangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Irfan angga
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 29-12-2023 20:32
Terakhir diubah : 15-01-2024 10:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5146
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!