ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK AUTISME SISWA KELAS 2 SD NEGERI 7 LANGSA

Robintang Maharani Bakkara (2023), ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK AUTISME SISWA KELAS 2 SD NEGERI 7 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak autisme siswa kelas II SD Negeri 7 Langsa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) dengan hasil observasi dan teknik wawancara dan dengan anak, wali kelas dan orang tua anak autisme. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini ialah kecerdasan interpersonal anak autisme siswa kelas II SD Negeri 7 Langsa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, ditemukan hasil bahwa dalam tujuh indikator kecerdasan interpersonal T menunjukkan tiga ketercapaiannya indikator kecerdasan interpersonal. (1) T terlihat menjalin keakraban dengan orang lain. (2) T terlihat bekerjasama dengan orang lain. (3) T terlihat memahami perasaan orang lain. Sedangkan indikator yang belum tercapai yaitu (4) T tidak terlihat mendengar permasalahan orang lain. (5) T tidak terlihat mengkordinasi kelompok. (6) T tidak terlihat mencegah munculnya masalah. (6) T Tidak terlihat menyelesaikan masalah.

Kata kunci : Autisme, Kecerdasan Interpersonal

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Robintang Maharani Bakkara
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 27-12-2023 14:04
Terakhir diubah : 11-01-2024 12:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5141
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!