PENGARUH OPINI AUDITOR, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN RETURN SAHAM TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

SHAFWAN NUR RAHMAD NASUTION (2024), PENGARUH OPINI AUDITOR, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN RETURN SAHAM TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

kinerja keuangan merupakan upaya perusahaan untuk mengukur keberhasilannya dengan menghasilkan laba sehingga investor dapat secara efektif melihat perusahaan bergerak ke arah yang baik dengan memaksimalkan potensi potensinya untuk berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas pengaruh opini auditor, good corporate governance, dan return saham terhadap kinerja keuangan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan penerapan teknik purposive sampling. Dari total 106 perusahaan, sebanyak 13 perusahaan di sektor keuangan dipilih sebagai sampel penelitian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data. Data sekunder dari Bursa Efek Indonesia dan sumber data penelitian yang relevan digunakan, terutama data laporan keuangan dari tahun 2012 hingga 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan dari good corporate governance terhadap kinerja keuangan. Namun, opini auditor dan return saham ternyata tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Meskipun demikian, secara bersamaan, opini auditor, tata kelola perusahaan yang baik, dan return saham memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan.

Kata kunci : Opini Auditor, Good Corporate Governance, Return Saham, Kinerja Keuangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SHAFWAN NUR RAHMAD NASUTION
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2024)
Tanggal disimpan : 27-12-2023 10:08
Terakhir diubah : 10-01-2024 10:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5139
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!