PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, LOKUS KENDALI DAN BANTUAN PEMERINTAH TERHADAP PERILAKU KEUANGAN UMKM PENERIMA BANTUAN DI KOTA LANGSA

Merci Dewi Sinta (2024), PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, LOKUS KENDALI DAN BANTUAN PEMERINTAH TERHADAP PERILAKU KEUANGAN UMKM PENERIMA BANTUAN DI KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, lokus kendali dan bantuan pemerintah terhadap perilaku keuangan pada UMKM penerima bantuan di Kota Langsa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 374 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 4,116 + 0,311X1 + 0,120X2 + 0,060X3 + 0,201X4. Konstanta sebesar 4,116 menunjukkan nilai perilaku keuangan pada UMKM apabila literasi keuangan, sikap keuangan, lokus kendali dan bantuan pemerintah bernilai tetap. Koefisien regresi literasi keuangan, sikap keuangan, lokus kendali dan bantuan pemerintah menunjukkan pengaruh positif terhadap perilaku keuangan UMKM. Literasi keuangan, sikap keuangan, lokus kendali dan bantuan pemerintah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan UMKM penerima bantuan di Kota Langsa, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. tiap variabel sebesar 0,00 < 0,05. Literasi keuangan, sikap keuangan, lokus kendali dan bantuan pemerintah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan UMKM penerima bantuan di Kota Langsa, dimana dari uji F diperoleh nilai F sig. sebesar 0,00 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa variabel literasi keuangan, sikap keuangan, lokus kendali dan bantuan pemerintah mempengaruhi perilaku keuangan UMKM penerima bantuan di Kota Langsa sebesar 52,4%, sedangkan sisanya 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Kata kunci : Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Lokus Kendali, Bantuan Pemerintah, Perilaku Keuangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Merci Dewi Sinta
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 21-12-2023 15:51
Terakhir diubah : 28-03-2024 11:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5125
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!