PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI PAYA UDANG

Sappe Kristian Situmorang (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI PAYA UDANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalam berbicara. Hal ini disebabkan karena kurangnya siswa dalam berbicara saat menyampaikan pendapatnya saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas V SD Negeri Paya Udang dengan menggunakan model pembelajaran Paired story telling berbantu Media Audio Visual. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dari Saur Tampubolon. Subjek penelitian tindakan kelas ini merupakan siswa kelas V SD Negeri Paya Udang dengan jumlah 28 orang. Hasil penelitian pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, Pada siklus I rata-rata keterampila berbicara siswa adalah 52,50. Kemudian siklus II nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa 66,59. Siklus III nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 81,47. Saran dari hasil penelitian ini adalah, kepada kepala sekolah diharapkan dapat membimbing guru dalam menerapkan serta mengembangkan inovasi terkait model pembelajaran dan media pembelajaran, kepada guru diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan inovasi pembelajaran yang melibatkan siswa salah satunya model Pembelajaran paired story telling, dan kepada siswa untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi inovasi pembelajaran terbaru kedepannya seperti model paired story telling, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan model paired story telling berbantu media audio visual dikemas semenarik mungkin agar dapat menarik minat siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran paired story telling, media audio visual, Keterampilan berbicara

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sappe Kristian Situmorang
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 21-12-2023 11:01
Terakhir diubah : 22-12-2023 16:29
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5124
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!