PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD NEGERI 6 LANGSA

Suriyati Ningsih (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD NEGERI 6 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi pada siswa kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi, kurang bervariasi media pembelajaran yang digunakan guru dan guru kurang memakai media pembelajaran pada proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall yang dibatasi dengan beberapa tahap. Tahap tersebut meliputi 4 langkah yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk dan 4) validasi desain. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yaitu angket validasi ahli materi dan angket validasi ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran interaktif melalui articulate storyline pada pembelajaran PPKn diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 24 dengan persentase sebesar 100% termasuk dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 55 dengan persentase 91,6% termasuk dengan kriteria “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif melalui articulate storyline yang dikembangkan termasuk kedalam kriteia sangat baik dan layak dijadikan sebagai media pembelajaran untuk SD pada mata pelajaran PPKn dengan materi makna dan nilai-nilai pancasila.

Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Suriyati Ningsih
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 13-12-2023 19:30
Terakhir diubah : 03-01-2024 09:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5098
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!