EVALUASI PENENTUAN LAMANYA WAKTU SIGNAL PADA TRAFFIC LIGHT BUNDARAN SIMPANG KOMODOR KOTA LANGSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBSTER

Luthfi Ramadhan (2023), EVALUASI PENENTUAN LAMANYA WAKTU SIGNAL PADA TRAFFIC LIGHT BUNDARAN SIMPANG KOMODOR KOTA LANGSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBSTER . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Lampu lalu lintas merupakan rambu rambu yang terpasang di sebuah persimpangan jalan yang berguna untuk mengatur atau mengendalikan arus lalu lintas, di perlukannya pengaturan arus lalu lintas di harapkan suata persimpangan agar dapat mengatur pergerankan kendaraan secara bergantian agar tidak menimbulkan gangguan pada arus kendaraan yang telah ada. Tugas akhir ini akan meneliti persimpangan Komodor Kota Langsa. Simpang ini termaksud salah satu persimpangan yang memiliki arus lalu lintas yang memiliki arus lalu lintas yang sibuk pada jam-jam tertentu yang di sebebkan oleh banyaknya kendaraan yang melintasi. Maka di perlukannya penelitian tentang evaluasi penentuan lama waktu sinyal. Salah satu nya adalah metode webster. metode webster menggunakan konsep minimilisasi waktu tunda dalam bentuk persamaan waktu siklus optimum untuk menghitung waktu-nyala lampu lalu lintas berdasarkan kepadatan kendaraan dan lebar jalan. Adapun perencanaan yang dilakukan penulis yang meliputi analisa terhadap kapasitas persimpangan, waktu siklus, arus jenuh, sistem fase dan lain-lain meliputi analisa terhadap arus jenuh, waktu hijau efektif, dan waktu siklus. Setelah dilakukan survey terhadap volume lalu lintas, dan geometrik persimpangan selama tiga hari serta menganalisa data dengan menggunakan metode Webster. Dari hasil penelitian di dapatkan bahwa waktu hijau aktual Fase 1(satu) 14 detik, Fase 2(dua) 30 detik, Fase 3(tiga) 9 detik, dan fase 4 (empat) 7 detik. Sedangkan waktu siklus optimum yang ada dengan 4 fase adalah 75 detik. Hal ini di pengaruhi oleh meningkatnya pertumbuhan lalu lintas yang sangat cepat sehingga di perlukan adanya traffic light pada persimpangan komodor.

Kata kunci : Pengaturan Traffic Light, Metode Webster, Waktu Siklus Optimum

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Luthfi Ramadhan
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 13-12-2023 16:19
Terakhir diubah : 18-01-2024 09:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5096
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!