PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN, RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENABUNG PADA PERBANKAN SYARIAH DI KABUPATEN MANDAILING NATAL

Erika Sari (2024), PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN, RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENABUNG PADA PERBANKAN SYARIAH DI KABUPATEN MANDAILING NATAL . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, literasi keuangan, religiusitas dan persepsi risiko terhadap minat menabung di perbankan syariah pada masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data menggunkana analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi yaitu Y = 3,192 + 0,201X1 + 0,185X2 + 0,220X3 + 0,019X4. Pendapatan, Literasi keuangan, Religiusitas dan Persepsi resiko secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menabung pada perbankan syariah di Kabupaten Mandailing Natal. Pendapatan, literasi keuangan, religiusitas dan persepsi resiko secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung pada perbankan syariah di Kabupaten Mandailing Natal. Adjusted R Square sebesar 0,531. Artinya, variabel pendapatan, literasi keuangan, religiusitas dan persepsi resiko mempengaruhi minat menabung pada perbankan syariah di Kabupaten Mandailing Natal sebesar 53,1%, sedangkan sisanya 46,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Kata kunci : Pendapatan, Literasi Keuangan, Religiusitas, Persepsi Resiko, Minat Menabung

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Erika Sari
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 11-12-2023 12:20
Terakhir diubah : 28-12-2023 10:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5066
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!