PERBANDINGAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KENDARAAN ANGKUTAN UMUM DENGAN KENDARAAN PRIBADI (STUDI KASUS: KOTA SIBOLGA-KECAMATAN SIBABANGUN TAPANULI TENGAH)

Hotriani Malau (2024), PERBANDINGAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KENDARAAN ANGKUTAN UMUM DENGAN KENDARAAN PRIBADI (STUDI KASUS: KOTA SIBOLGA-KECAMATAN SIBABANGUN TAPANULI TENGAH) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Proses perpindahan manusia atau barang dari satu lokasi ke lokasi lain disebut transportasi. Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah selalu ramai dengan penduduk lokal dan pengunjung lokasi-lokasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena sebagian besar pengunjung datang untuk berbelanja atau berwisata. Faktor apa saja yang dipertimbangkan masyarakat lokal ketika memilih antara mobil pribadi dan angkutan umum. Membandingkan pilihan mobil pribadi dengan pilihan angkutan umum. Tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pilihan moda transportasi, mengetahui perbandingan pilihan mobil pribadi dan transportasi umum. Metode kuantitatif komparatif yang berfungsi untuk membandingkan dua perlakuan atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang paling dominan mempengaruhi pemilihan moda adalah pendapatan pelaku perjalanan X1 karena memiliki bobot paling besar di antara karakteristik pelaku perjalanan dengan harga Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000 dengan 40%, selanjutnya Jenis Kelamin laki – laki sebanyak 53%. Kemudian Karaktersitik Perjalanan (X2), jarak tempuh ke pusat kota 10 – 2Km sebanyak 33%, waktu perjalanan siang 38%, Tujuan Perjalanan ke tempat berbelanja sebanyak 31%. Kemudian fasilitas sistem Transportasi (X3) yaitu biaya perjalanan Rp 3.000 – Rp 15.000 sebanyak 52%, tingkat kenyamanan pada tingkat sangat nyaman sebesar 34%, tingkat keamanan pada tingkat sangat aman sebanyak 33%. Perbandingan pemilihan moda transportasi setelah dianalisis dengan model logit biner memperoleh probabilitas masyarakat memilih angkutan umum sebesar 70% sedangkan kendaraan pribadi sebesar 30%, dengan perbandingan 70 : 30 yang artinya masyarakat lebih dominan menggunakan angkutan umum dibandingkan mobil pribadi atau kendaraan pribadi.

Kata kunci : Pemilihan Moda Transportasi, Angkutan Umum, dan kendaraan pribadi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Hotriani Malau
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2024)
Tanggal disimpan : 07-12-2023 21:03
Terakhir diubah : 18-12-2023 14:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5059
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!