PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBASIS DIGITAL MATERI POLA HIDUP GOTONG ROYONG KELAS IV UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Wilda Hasanah (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBASIS DIGITAL MATERI POLA HIDUP GOTONG ROYONG KELAS IV UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Permasalahan pada pembelajaran adalah kurangnya penggunaan media berbasis digital atau berbantuan teknologi dalam pembelajaran menyebabkan kegiatan belajar kurang menarik dan menyenangan. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengembangan media puzzle berbasis digital sebagai media belajar (2) untuk mengetahui kelayakan media puzzle berbasis digital sebagai media belajar (3) untuk mengetahui kepraktisan media puzzle berbasis digital sebagai media belajar pada materi pola hidup gotong royong kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini yaitu Research and Depeolment (R&D) menggunakan model Borg and Gall. Yang terdiri dari 7 langkah yaitu analisis masalah dan pengumpulan data, Perencanaan dan desain produk, pengembangan desain, validasi produk, revisi produk, ujicoba terbatas, revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran puzzle berbasis digital dilakukukan sampai tahap ujicoba terbatas (2) hasil validasi materi memperoleh hasil rata-rata persentase 93,68% dengan kategori sangat layak digunakan dan hasil validasi media memperoleh hasil rata-rata persentase 73% dengan kategori layak digunakan (3) penilaian dari praktisi/guru memperoleh hasil 99% dengan kategori sangat layak digunakan dan penilaian dari siswa ujicoba terbatas sebanyak 16 siswa memperoleh hasil rata-rata persentanse 93,05% dengan kategori sangat layak digunakan, sehingga media pembelajaran puzzle berbasis digital materi pola hidup gotong royong kelas IV SD valid (layak) digunakan dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Saran kepada guru dengan adanya media pembelajaran puzzle berbasis digital materi pola hidup gotong kelas IV dapat dimanfaatkan dalam proses belajar dan menagajar, dan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.


 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Pengembangan,  Puzzle Berbasis Digital

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wilda Hasanah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 04-12-2023 10:58
Terakhir diubah : 22-12-2023 15:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5038
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!