EVALUASI KESEGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BIREM RAYEUK, KECAMATAN BIREM BAYEUN DI MASA PANDEMI COVID-19 KABUPATEN ACEH TIMUR

DINATA ARSYIKA JANNAH (2021), EVALUASI KESEGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BIREM RAYEUK, KECAMATAN BIREM BAYEUN DI MASA PANDEMI COVID-19 KABUPATEN ACEH TIMUR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Proses belajar mengajar pendidikan jasmani biasanya dilakukan diluar ruangan atau dihalaman sekolah yang luas. Namun pendidikan jasmani yang dilaksanakan di sekolah hanya dilakukan seminggu sekali, ditambah lagi adanya pengurangan jam belajar dan proses pembelajaran yang hanya bisa dilakukan di ruangan kelas. Hal ini dikarenakan adanya virus covid-19 yang terjadi pada masa kini, ditambah lagi sepulang sekolah siswa tidak banyak melakukan aktifitas gerak yang berguna, melainkan bermain game online seperti Pubg, Mobil Legent, Free Fire dan lain sebagainya secara berlebihan, hal tersebut sangat mempengaruhi kesegaran jasmani anak, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : rendahnya kesegaran jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan tehnik tes. Rancangan Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur dengan jumlah sampel terdiri atas kelas IV dan Kelas V, sehingga dalam penelitian ini populasi menjadi sampel penelitian yaitu sebanyak 40 siswa. Jenis sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling purposive. Dalam penelitian ini hanya ada satu instrumen yaitu tes Kebugaran Jasmani umur 10-12 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 1 Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur pada keseluruhan tes TKJI adalah sebesar 68,4 dengan klasifikasi Baik Sekali (BS) berjumlah 0 siswa, Baik (B) berjumlah 0 siswa, Sedang (s) berjumlah 1 siswa, Kurang (K) berjumlah 10 siswa, dan Kurang Sekali (KS) berjumlah 29 siswa. Berdasarkan angka rata-rata tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya kesegaran jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur berada pada Klasifikasi Kurang (K).

Kata kunci : Evaluasi, Kebugaran Jasmani

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DINATA ARSYIKA JANNAH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2021)
Tanggal disimpan : 21-11-2023 17:31
Terakhir diubah : 24-11-2023 08:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4976
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!