PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI “DAERAHKU KEBANGGANKU’’ BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GAYO LUES

Lisawati (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI “DAERAHKU KEBANGGANKU’’ BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GAYO LUES . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Media pembelajaran adalah salah satu komponen sumber belajar yang sangat penting. Dengan adanya media pembelajaran juga dapat menentukan keberhasilan belajar siswa. Seiring berkembangannya ilmu teknologi dapat mempermudah dalam mencari media pembalajaran dan media pembelajaran juga dapat dibuat dengan mudah. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media power point interaktif pada kelas V materi bab 7 (daerahku kebangganku) pada topic A (Seperti apakah budaya di daerahku). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reseach & development) dan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari dari 4 tahapan 1) define, 2) design, 3) development dan 4) disseminate. Hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran power point interaktif layak digunakan untuk sekolah dasar dengan hasil penilaian dari ahli materi, media, bahasa, pendidik dan peserta didik dengan nilai telah memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai ahli materi 94,44%, nilai ahli media 89,26%, nilai bahasa 97,91%, nilai pendidik 87% dan peserta didik 78,4%. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran Power Point Interaktif layak digunakan untuk siswa sekolah dasar. Saran untuk penelitian ini yaitu pada pemerintah berupa melalui dinas pendidikan dan organisasi agar dapat memperhatikan media yang menarik sesuai perkembangan teknologi kemudian untuk masyarakat dapat memberikan dorongan dan dukungan kepada pendidik dan peserta didik dan terakhir ialah untuk pembaca agar dapat menjadi motivasi untuk menciptakan produk yang lebih menarik,kreatif dan inovatif.

Kata kunci : Kearifan lokal, Media Power Point Interaktif

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lisawati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 14-11-2023 12:22
Terakhir diubah : 27-11-2023 12:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4944
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!