PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA FLIPBOOK PADA MATERI POLA HIDUP GOTONG ROYONG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 8 LANGSA

Apriana Febriyanti.s (2023), PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA FLIPBOOK PADA MATERI POLA HIDUP GOTONG ROYONG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 8 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kurikulum Merdeka memiliki keunggulan yaitu berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi siswa pada fasenya sehingga siswa dapat belajar lebih mendalam, bermakna dan menyenangkan, tidak terburu-buru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rancangan awal desain flipbook, mengetahui validitas bahan ajar media flipbook dan mengetahui kepraktisan bahan ajar media flipbook. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d Mei 2023 dengan jumlah subjek 8 orang siswa. Sumber data diperoleh dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, praktisi guru dan siswa. Instrument penelitian menggunakan analisis data kualitatif dan analisis kuantitatif (deskriptif). Hasil penelitian pada tahap mencari validitas media dilakukan validasi media dan memperoleh skor 98%, pada tahap validasi materi rata-rata validasi materi oleh dosen dan guru diperoleh skor 91,5%, pada tahap validasi bahasa diperoleh skor 100% dan dikatakan sangat layak menurut Arikunto (2010:44). Sedangkan kepraktisan media diperoleh dari angket guru dan memperoleh skor 85,3%, dan angket siswa memperoleh skor 92,5%. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa bahan ajar berbasis media flipbook sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Bahan Ajar Flipbook, Kurikulum Merdeka, Validitas Dan Praktikalitas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Apriana Febriyanti.s
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 08-11-2023 12:38
Terakhir diubah : 01-12-2023 16:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4921
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!