PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN DALAM GIBERELIN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH KACANG PANJANG (VIGNA CYLINDRICAL L.) KADALUARSA

M. AZWAR (2017), PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN DALAM GIBERELIN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH KACANG PANJANG (VIGNA CYLINDRICAL L.) KADALUARSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan lama perendaman dalam giberelin terhadap viabilitas dan vigor benih kacang panjang (Vigna cylindrical L.) kadaluarsa, serta melihat pengaruh interaksi antara kedua perlakuan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Dasar Universitas Samudra pada bulan April sampai Juli 2017. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor konsentrasi giberelin (K) yang terdiri dari 3 taraf yaitu K1 = 1 gr/l,K2 = 1,5 gr/l, K3 = 2 gr/l dan Faktor lama perendaman benih (L) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : L1 = 6 jam, L2 = 12 jam, L3 = 24 jam. Untuk menggambarkan viabilitas dan vigor benih kacang panjang (Vigna cylindrical L.) kadaluarsa dilakukan pegamatan potensi tumbuh maksimum (%), daya kecambah (%), uji vigor (%), tinggi kecambah (cm), panjang akar (cm). Konsentrasi giberelin berpengaruh sangat nyata terhadap potensi tumbuh maksimum, daya kecambah, tinggi kecambah dan panjang akar, sedangkan parameter uji vigor berpengaruh tidak nyata. Konsentrasi giberelin terbaik adalah K3(2 gr/l). Lama perendaman dalam giberelin berpengaruh sangat nyata pada potensi tumbuh maksimum, daya berkecambah, tinggi kecambah dan panjang akar berpengaruh nyata terhadap, dan uji vigor. Lama perendaman terbaik adalah L3 (12 jam) Interaksi antara konsentrasi dan lama perendaman dalam giberelin memberikan pengaruh nyata pada parameter daya berkecambah, sedangkan parameter lain berpengaruh tidak nyata. Interaksi tebaik terdapat pada kombinasi perlakuan konsentrasi giberelin 2 gr/l dan lama perendaman 24 jam (K3L3). Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk meningkatkan viabilitas dan vigor benih kacang panjang kadaluarsa dapat dilakukan dengan perendaman menggunakan giberelin dengan konsentasi 2 gr/l selama 24 jam.

Kata kunci : Lama Perendaman, Geberlin, Vigor Bening Kacang Panjang

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M. AZWAR
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2017)
Tanggal disimpan : 07-11-2023 10:53
Terakhir diubah : 13-11-2023 11:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2017
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4914
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!