HUBUNGAN ANTARA TINGKAT DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA PBK (CONOPOMORPHA CRAMERELLA) TERHADAP PRODUKSI KAKAO DI KECAMATAN MANYAK PAYED

Fatia sara (2024), HUBUNGAN ANTARA TINGKAT DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA PBK (CONOPOMORPHA CRAMERELLA) TERHADAP PRODUKSI KAKAO DI KECAMATAN MANYAK PAYED. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persentase dan intensitas serangan hama PBK terhadap produksi kakao. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga desa di Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang, yaitu : Desa Krueng Sikajang, Pahlawan dan Lhueng Manyoe. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive. Kebun lokasi penelitian yang di pilih memiliki tiga tingkat perawatan kebun yang berbeda, yaitu: tidak dirawat, dirawat seadanya dan dirawat konvensional.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis kuantitatif. Secara garis besar penelitian ini dilakukan ada 4 tahapan, yaitu : persiapan, survey pendahuluan, pelaksanaan lapangan dan analisis data/pembahasan


Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat perawatan kebun berpengaruh terhadap persentase dan intensitas serangan PBK. Persentase dan intensitas serangan PBK tertinggi di jumpai pada tingkat perawatan kebun yang tidak di rawat. Adapun yang terendah di jumpai pada tingkat perawatan kebun konvensional diikuti dengan kebun yang dirawat seadanya.


Hasil analisis regresi hubungan antara intensitas serangan hama PBK dengan kehilangan hasil kakao di dapatkan nilai intercept (a) = 566,51 dan nilai slop (b) = -4,64 sehingga model regresi liniernya adalah Y = 566,51 + (-4,64) X. setiap terjadi peningkatan intensitas serangan PBK sebanyak 1% maka akan menurunkan produksi sebesar 4,64 kg/ha/tahun.


 


 

Kata kunci : Kakao, Penggerek Buah Kakao

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fatia sara
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2024)
Tanggal disimpan : 31-10-2023 15:27
Terakhir diubah : 02-11-2023 17:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4890
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!