PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 2 SEULALAH

Fatma Zahra (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 2 SEULALAH. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berbantuan powtoon. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil validasi ahli materi, ahli media serta hasil praktikalitas media dari respon guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil validasi dari ahli materi didapatkan persentase 95,23% dengan kriteria “sangat valid”, ahli media didapatkan persentase 93,84% termasuk kriteria “sangat valid”. Hasil angket respon guru didapatkan persentase 96,52% termasuk kriteria “sangat praktis”. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba lapangan didapatkan persentase 88,82% termasuk kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penilaian dari keempat tahapan maka media pembelajaran berbantuan powtoon dinyatakan valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 2 Seulalah.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Powtoon, Mata Pelajaran IPAS

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fatma Zahra
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 27-10-2023 08:44
Terakhir diubah : 13-11-2023 12:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4858
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!