DETERMINAN PREFERENSI PUBLIK TERHADAP PEMBANGUNAN PERUMAHAN SUBSIDI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RUMAH INSTAN SEDERHANA SEHAT (RISHA) DI KOTA LANGSA

Alfikas Zarkasih (2023), DETERMINAN PREFERENSI PUBLIK TERHADAP PEMBANGUNAN PERUMAHAN SUBSIDI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RUMAH INSTAN SEDERHANA SEHAT (RISHA) DI KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pembangunan yang berkaitan dengan tempat tinggal dan lingkungannya perlu mendapatkan prioritas, mengingat tempat tinggal memiliki peran penting yang tidak hanya sebagai tempat untuk menetap melainkan berhubungan erat dengan manusia yaitu sebagai penghuni yang memiliki aturan, perilaku serta keinginan yang terus berkembang sesuai dengan konteks pada masanya. Penelitian ini merupakan studi awal untuk mengetahui preferensi masyarakat terkait pembangunan perumahan yang ingin ditinggali terkhususnya pada konsep konstruksi rumah dari hasil penelitian dan pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) yang melalui Ditjen Penyediaan Perumahan, yaitu konsep Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) atau bisa diperjelas dengan sistem pembangunan rumah metode non-konvensional yang menggunakan konsep bongkar pasang (knock down). Menurut penilaian Persepsi masyarakat terhadap RISHA, hingga 56,0% individu masih memiliki opini negatif yang tidak proporsional terhadap organisasi. Dominasi individu yang berminat dan tidak mampu menjadikan RISHA lebih dari 36,21% dipandang sebagai alasan dari anggapan umum ingin memiliki RISHA. Dengan menggunakan analisis tree diketahui bahwa faktor pandangan responden yang menilai RISHA didapat hasil yaitu pendidikan sangat dominan pengaruhnya dibandingkan pendapatan, umur, dan pekerjaan. Persepsi masyarakat terhadap kelayakan RISHA di Kota Langsa diinterpretasikan dengan dominasi jawaban sangat layak sebanyak 4,00%. Hasil RISHA pada kriteria persepsi masyarakat adalah pekerjaan yang dimiliki.

Kata kunci : Persepsi Masyarakat, Faktor – Faktor Persepsi Masyarakat, RISHA, Analisis Tree

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Alfikas Zarkasih
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 26-10-2023 15:39
Terakhir diubah : 24-11-2023 16:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4856
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!