PENGARUH MASSA DAN WAKTU KONTAK TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORBEN DARI SABUT BUAH PINANG UNTUK MENINGKATKAN MUTU MINYAK JELANTAH

FADHILAH ALWI D (2023), PENGARUH MASSA DAN WAKTU KONTAK TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORBEN DARI SABUT BUAH PINANG UNTUK MENINGKATKAN MUTU MINYAK JELANTAH. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Minyak jelantah mengandung senyawa yang bersifat karsinogenik yang terbentuk selama proses penggorengan. Perubahan sifat ini menjadikan minyak goreng tersebut tidak layak digunakan kembali sebagai bahan makanan. Salah satu kerusakan pada minyak goreng disebabkan oleh pemanasan. Kualitas minyakjelantah tersebut dapat ditingkatkan menggunakan adsorben sabut buah pinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik adsorben dari sabut buah pinang dan pengaruh massa adsorben, waktu kontak terhadap penurunan bilangan peroksida dan asam lemak bebas pada minyak jelantah. Pada penelitian ini sabut buah pinang di furnace pada suhu 400 °C selama 15 menit dilanjutkan dengan aktivasi secara kimia menggunakan asam sulfat H2SO4 1,5 M, analisis kadar asam lemak dan bilangan peroksida dilakukan secara titrasi. Karakterisasi adsorben dari sabut buah pinang dilakukan menggunakan Fourier Transform Infra Red (FTIR). Berdasarkan analisis FTIR diketahui bahwa adsorben dari sabut buah pinang mengandung gugus fungsional diantaranya gugus O-H, C=N, C≡C, C-O, C=C dan C-O. Hasil terbaik dari penelitian ini adalah massa adsorben 4,5 g dan waktu kontak adsorpsinya selama 40 menit dengan kadar asam lemak bebas diperoleh sebesar 0,921% dengan penurunan sebesar 95,14% dan bilangan peroksida diperoleh sebesar 2,6 mek dengan penurunan sebesar 92,78%.

Kata kunci : Adsorben, Sabut Buah Pinang, Minyak Jelantah, Asam Lemak Bebas, Bilangan Peroksida.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FADHILAH ALWI D
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 18-10-2023 11:01
Terakhir diubah : 18-10-2023 13:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4785
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!