ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA K3 DITINJAU DARI ASPEK HUKUM PADA MASA COVID 19 (STUDY KASUS PROYEK PEMBANGUNAN PABRIK NITROGEN PHOSPOR DAN KALIUM (NPK) CHEMICAL 500.000 MTPHY, LHOKSEUMAWE)

Al fatah (2023), ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA K3 DITINJAU DARI ASPEK HUKUM PADA MASA COVID 19 (STUDY KASUS PROYEK PEMBANGUNAN PABRIK NITROGEN PHOSPOR DAN KALIUM (NPK) CHEMICAL 500.000 MTPHY, LHOKSEUMAWE). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kecelakaan kerja suatu hal yang terjadi dengan tidak sengaja dan tidak diharapkan yang mengakibatkan kerugian material, mental baik secara fisik maupun non fisik. Seperti terjadinya cidera ringan sampai cidera berat, cacat fisik trauma hingga kematian. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan serta faktor yang memberikan pengaruh terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada proyek pembangunan pabrik Nitrogen Phospor dan Kalium (NPK) Chemical 500.000 MTPHY, Lhokseumawe. Teknik sampling yang dikhususkan pada penelitian ini yaitu teknik sampling simple random sampling. Simple random sampling metode pengambilan sampel yang simple (sederhana) dari suatu populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 60 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t, uji regresi berganda dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa penerapan K3 pada proyek pembangunan pabrik Nitrogen Phospor dan Kalium (NPK) Chemical 500.000 MTPHY PT. PIM Lhokseumawe tergolong baik, dimana dari uji t diperoleh thitung 1,893. Sedangkan ttabel pada df = 59 (60-1 =59) sebesar 1,671. Dari analisis regresi dapat dijelaskan bahwa penerapan keselamatan dan kesehata kerja K3 akan semakin baik apabila faktor manajemen, faktor pelaksanaan, faktor pengawasan dan aspek hukum bertambah karena bertanda positif (+). Manejemen, pelaksanaan dan pengawasan berkorelasi dengan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada proyek pembangunan pabrik nitrogen phospor dan kalium (NPK) chemical 500.000 MTPHY. Dari uji F dapat dijelaskan bahwa faktor manajemen, pelaksanaan, pengawasan, dan aspek hukum secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada proyek pembangunan pabrik nitrogen phospor dan kalium (NPK) chemical 500.000 MTPHY, dimana diperoleh nilai F sig. < 0,05 (0,02 < 0,05).

Kata kunci : Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Al fatah
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 18-10-2023 10:56
Terakhir diubah : 18-10-2023 17:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4784
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!