PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN SUMBER PENDAPATAN PADA PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MASYARAKAT DUSUN YUSUF HASYEM DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Anisa Rangkuti (2024), PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN SUMBER PENDAPATAN PADA PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MASYARAKAT DUSUN YUSUF HASYEM DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan sumber pendapatan terhadap perilaku masyarakat pada Dusun Yusuf Hasyem, Gampong Tengoh dengan niat sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 100 kepala keluarga atau masyarakat pengelola keuangan yang berdomisili di Dusun Yusuf Hasyem, Gampong Tengoh. Teknik pengumpulan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis linier berganda, analisis jalur, uji t, uji F, koefisien determinasi dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan Y = 2,325 + 0,091 X1 + 0,244 X2 – 0,159 X3+ 0,228 M. Konstanta bernilai 2,325 merupakan nilai perilaku pengelolaan keuangan pada variabel literasi keuangan, sikap keuangan, sumber pendapatan dan niat bernilai konstanta (tetap) dan koefisien regresi variabel literasi keuangan, sikap keuangan dan niat bernilai positif, dan koefisien regresi variabel sumber pendapatan bernilai negatif terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Berdasarkan hasil uji t, literasi keuangan berpengaruh tidak signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan, namun pada variabel sikap keuangan, sumber pendapatan dan niat berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan, sikap keuangan, sumber pendapatan dan niat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Hasil koefisien determinasi variabel litterasi keuangan, sikap keuangan, sumber pendapatan dan niat berkontribusi sebesar 20,8% sedangkan sisanya 79,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Kata kunci : Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Sumber Pendapatan, Niat, Perilaku Pengelolaan Keuangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Anisa Rangkuti
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 18-10-2023 09:51
Terakhir diubah : 18-10-2023 16:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4781
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!