PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KUALASIMPANG

Puja Salsabila Tami Br Tarigan (2023), PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KUALASIMPANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Skripsi penelitian tindakan kelas berjudul Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kualasimpang. Rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam proses pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Masalah utama dalam penelitian ini “bagaimana peningkatan keterampilan berbicara melalui penerapan model pembelajaran Time Token siswa kelas IV SD Negeri 2 Kualasimpang”. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 2 Kualasimpang. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Perencanaan penggunaan model pembelajaran Time Token dalam pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menyiapkan modul ajar, media pembelajaran. Pelaksanaan model pembelajaran Time Token di kelas berhasil terlaksana dengan baik karena langkah-langkah pemebelajarannya disampaikan oleh guru dengan baik dan ditambah dengan adanya media pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token mengalami peningkatan dari siklus I, ke siklus II dan III dari skor rata-rata 58 pada siklus I, skor rata-rata 73 pada siklus II, dan rata-rata 81 pada siklus III. Adapun nilai ketuntasan pada siklus I yaitu 35%, pada siklus II menjadi 47%, dan pada siklus III meningkat hingga 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 2 Kualasimpang melalui penerapan model pembelajaran Time Token mengalami peningkatan.

Kata kunci : Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Time Token

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Puja Salsabila Tami Br Tarigan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 20-09-2023 21:36
Terakhir diubah : 22-09-2023 17:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4576
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!