PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BEMUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV DI SD NEGERI 2 KUALASIMPANG

Nurida Sari (2023), PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BEMUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV DI SD NEGERI 2 KUALASIMPANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi di kelas IV. Perlu adanya inovasi dan kreasi pengembangan media pembelajaran yang menarik sehingga proses belajar mengajar lebih ideal. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah desain pengembangan media audio visual pada muatan PKn dan bagaimanakah kevalidan media audio visual pada muatan PKn. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual serta menguji kevalidan atau kelayakan media audio visual untuk muatan PKn. Penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Develpoment (RnD) model pengembangan ADDIE menggunakan 5 langkah yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Tetapi peneliti hanya mengambil sampai tahap ketiga saja karena hanya sampai pada tahap pengembangan dan validasi oleh validator ahli media, materi dan bahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, angket validasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran audio visual dinyatakan layak oleh ahli media ahli materi dan ahli bahasa, dengan presentase penilaian kelayakan media 99% termasuk kriteria sangat layak, penilaian kelayan materi 100% sengan kriteria sangat layak dan presentase penilaian ahli bahasa 96% termasuk kriteria sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual dinyatakan layak dan efektif digunakan untuk muatan PKn tema 2 selalu berhemat energi materi hak dan kewajiban. Saran dalam penelitian ini, agar media pembelajaran audio visual dapat digunakan sebagai salah satu media yang diterapkan dalam pembelajaran.

Kata kunci : PKn, media, audio visual

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurida Sari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 20-09-2023 15:44
Terakhir diubah : 20-09-2023 21:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4575
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!