PENILAIAN KRITERIA GREEN BUILDING PADA GEDUNG PUSAT LAYANAN HAJI DAN UMRAH TERPADU (PLHUT) KOTA LANGSA BERDASARKAN PENILAIAN GREENSHIP

M. Haikal (2023), PENILAIAN KRITERIA GREEN BUILDING PADA GEDUNG PUSAT LAYANAN HAJI DAN UMRAH TERPADU (PLHUT) KOTA LANGSA BERDASARKAN PENILAIAN GREENSHIP . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pemanasan global adalah salah satu hal yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Faktor-faktor  penyebab kerusakan lingkungan tersebut diantaranya pembangunan yang tidak ramah pada lingkungan, seperti pemborosan energi, berkurangnya lahan hijau, dan lainnya. Konsep Green Building adalah salah satu solusi untuk mereduksi pemanasan global terkait bangunan Teknik Sipil. Kota Langsa baru saja merehabilitasi kantor Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), dari yang sebelumnya bangunan sederhana menjadi sebuah gedung yang memiliki 2 lantai, maka dari itu gedung tersebut menjadi objek penelitian penulis untuk menilai seberapa besar gedung tersebut sudah menerapkan konsep Green Building. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan informasi terkait nilai dari konsep Green Building yang diperoleh gedung PLHUT Kota Langsa dan memberikan saran terkait kesesuaian implementasi konsep Green Building pada gedung PLHUT agar dapat diterapkan sebaik-baiknya. Tahapan penelitian ini menggunakan suatu metode dengan teknik wawancara dan pengamatan di lapangan dan disesuaikan dengan perangkat penilaian Greenship. Berdasarkan dari hasil penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan, gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Kota Langsa memperoleh total poin sebesar 43 poin dari 117 poin maksimal dengan kategori Evisiensi dan Konservasi Energi menjadi kategori yang mendapatkan poin tertinggi dan kategori Manajemen Lingkungan Bangunan menjadi kategori yang mendapatkan poin terendah. Dengan demikian gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kota Langsa berhasil memperoleh peringkat Perunggu.

Kata kunci : Pemanasan Global, Green Building, Greenship

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M. Haikal
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 14-09-2023 17:04
Terakhir diubah : 22-09-2023 09:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4551
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!